Ragam Bahasa Siswa Sma Dalam Berbalas Pantun Dan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Sebagai Perangkat Ajar Untuk Memproduksi Pantun di SMA

Megawati Megawati, Edi Suyanto, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


This study aimed to describe the variety of languages in rhyme responding to students of SMAN 9 Bandarlampung and the development of Independent Learning Activity Unit (UKBM) as a teaching tool for producing rhyming texts in high school. This research is used research and development methode and plus used a descriptive qualitative research and utilizes quantitative data as its support. The results of interviews with teachers and students in using the Independent Learning Activity Unit (UKBM) revealed that students were able to produce pantun texts with a variety of languages that varied after applying this UKBM to the text material of the XI class of high school students. This teaching tool is also actual, because independent learning activities unit is a small learning unit that is arranged sequentially from the easy one to the difficult one.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa dalam berbalas pantun siswa SMAN 9 Bandarlampung dan pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) sebagai perangkat ajar untuk memproduksi teks pantun di SMA. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dan didukung penelitian deskriptif kualitatif serta memanfaatkan data kuantitatif sebagai pendukungnya. Hasil wawancara dengan guru dan siswa dalam menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) mengungkapkan bahwa siswa mampu memproduksi teks pantun dengan ragam bahasa yang bervariasi setelah menerapkan UKBM ini pada materi teks pantun kelas XI siswa SMA. Perangkat ajar ini ini juga bersifat aktual, karena UKBM merupakan satuan pelajaran yang kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar.

 

Kata kunci: ragam bahasa, pantun, dan UKBM.

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional.. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, Harimurti. 1990. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia.Jakarta: Gramedia.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Santoso, Kusno Budi. 1990. Problematika Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Waridah, Ernawati. 2014. Kumpulan Majas, Pantun, dan Peribahasa Plus kesusasteraan Indonesia. Bandung: Ruang Kata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats