TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA

Septia Uswatun Hasanah, Mulyanto Widodo

Abstract


Issues discussed in this study is how the speech act of teachers and students in learning, especially illocutionary acts assertive, directive, commissive, expressive, and declarative learning Indonesian and its implications in learning speaking skills junior high school (SMP). This study used descriptive qualitative method. The results showed that all the functions of illocutionary acts assertive, directive, commissive, expressive, and declarative found at the time in the classroom. Illocutionary acts of which dominated the speech of teachers and students are asking directive illocutionary acts while the least used is commissive. Forms of verbal utterances which dominate the direct speech. This research may be implicated in learning speaking skills in junior high school (SMP).

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur guru dan siswa pada pembelajaran khususnya tindak ilokusi asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif pada pembelajaran bahasa Indonesia dan implikasinya dengan pembelajaran kemampuan berbicara di sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua fungsi tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada saat pembelajaran di kelas. Tindak ilokusi yang mendominasi pada tuturan guru dan siswa adalah direktif meminta sedangkan tindak ilokusi yang paling sedikit digunakan adalah komisif. Bentuk tuturan secara verbal yang mendominasi adalah tuturan langsung. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran kemampuan berbicara di sekolah menengah pertama (SMP).

Kata kunci : tindak tutur, pembelajaran bahasa Indonesia, dan implikasi.


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2004. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, J.L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2016. Analisis Wacana Bahasa Indonesia (Buku Ajar). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: alfabeta.

Yule, George. 1996. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77

Slot gacor

slot

link jepang88

neng4d kangtoto kangtoto2

judi slot

slot gacor

barbartoto

barbartoto

toto slot

slot depo 5k

winter 4d

situs slot

toto slot 4d

toto

slot depo 10k

slot gacor

pedro4d

https://lestrarflodhestar.is/clients/

borneo303

situs gacor hari ini

katakwin

kenzototo

macauslot88

judi bola

slot gacor

LIBRA168

sensa138

tvtogel

slot gacor

SLOT GACOR 777

slot online

Podcast88

amanahtoto

slot gacor

slot

sukaspin

slot minimal depo 10k

slot777

slot gacor

slot gacor

paham777

togel macau

slot

slot gacor

7dewa

jablay123

slot gacor hari ini

slot gacor

slot

slot gacor

baut777

slot gacor

binus4d

GORILA39

toto282

slot gacor

dirgahayu4d

slot88

slot demo

slot gacor

jepara toto

dewapokerqq

gocengqq

mesinqq

slot gacor

slot hoki

slot gacor

sendok88

situs88

situs qq

slot online

BOLA SBO

slot

ASIAN4D

slot88 slot

toto slot

Slot Gacor

slot gacor

https://www.cambridgehub.org/contact

https://fsrenevis.com/caribbean-citizenship/

https://staging.prorace.be/faq/

slotgacor88

slot gacor

asian4d daftar

asian4d daftar

situs slot gacor

yolo4d

raja vigor

slot gacor

slot

racik198

slot online