PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS X

Dewi Kartika Sari, Muhammad Fuad, Munaris Munaris

Abstract


The purpose of this study was to describe the implementation of the teaching of writing poem using the acrostic techniques and to improve learning outcomes of writing poem using the acrostic technique. This research was a classroom action research conducted in two cycles. The results showed that the acrostic technique can improve the learning outcomes of writing poetry skills of the students. Moreover, the acrostic technique can improve learning outcomes of poetry writing skills, that of the average in the first cycle of 57,61 % increase to 80.44 % in the second cycle. With the percentage of completeness is 46,87 % in the first cycle and increased in the second cycle with 77,41 % . Referring to indicators is success the 75% of students have the completed the completeness writing sklis, so this research was considered passed.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa. Selain itu, teknik akrostik dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi, yaitu dari rerata pada siklus I sebesar 57,61% meningkat menjadi 80,44% pada siklus II. Dengan persentase ketuntasan sebesar 46,87% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 77,41%. Mengacu pada indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan sebesar 75% siswa mengalami ketuntasan dalam menulis, maka penelitian ini dinyatakan berhasil.

Kata kunci: pembelajaran menulis puisi, penelitian tindakan kelas, teknik akrostik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Frye, Elizabeth M., Woodrow Trathen., & Bob Schlagal. 2010. Extending Acrostic Poetry Into Content Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Teacher. Vol. 63, No. 7.

Hardjodipuro. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UNJ.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru. Jakarta.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Thompkins, Gail E. dan Kenneth Hoskisson. 1991. Language Arts Content And Teaching Strategies. New York: MacMillan Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats