PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Tamara Boy, Yusmansyah Yusmansyah, Ranni Rahmayanthi

Abstract


The purpose of this research was to know the increase of students discipline using group counseling services. The research problem was the low level of students discipline at school. The research method was quasi experiment with one group pretest post test design. The research subjects were 10 students who have low level of students discipline. The data analysis used wilcoxon test which showed that the students discipline have significant increasing after using group counseling services and zoutput < z table (-2,869 < 1,645), so ha was received, it means that there were significant increasing of students discipline before and after given treatment by using group counseling services to the research subject. The average increase of all subjects was 34,57%.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki disiplin di sekolah yang rendah. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kedisiplinan siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dan nilai Z output < Z tabel (-2,869<1,645), jadi Ha diterima, ini berarti adanya peningkatan yang signifikan dari kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada subjek penelitian, Rata rata peningkatan dari seluruh subjek adalah 34,57.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, kedisiplinan di sekolah, layanan konseling kelompok.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atmodiwirio, S. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : PT Ardadizya.

Azwar , S. 2013. Penyusunan skala psikologi. Yogjakarta : Pustaka Belajar

Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak dizaman Global. Jakarta: PT Grasindo

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukadji. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Walgito, B. 2004. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.