PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK

Emilia Roza, Muswardi Rosra, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The objective of this research was to determine the use of group counseling to improve self concept in students. This study was pre-experimental research, with one-group pretest-posttest design. The subject in this research were 9 students. Data collection technique used scale. The data analysis using the Wilcoxon test, from pretest and posttest it was obtained that zratio = -2.666 < ztable = 1.645 then Ho is rejected and Ha accepted, which means that the students self concept could be increased through group counseling service.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok untuk meningkatkan konsep diri pada siswa. Penelitian ini bersifat pre eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh zhitung = 2,666< ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya konsep diri dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok pada siswa.

Kata kunci : bimbingan konseling, konseling kelompok, konsep diri


Full Text:

PDF

References


Muntholiah. 2002. Konsep Diri Positif Prestasi PAI. Gunung Jati Press dan Yayasan: Semarang.

Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi, D. K. 2008. Pengantar pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thalib, S. B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana Prenada Media Grup: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.