PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Putria Maharani, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this research was to know the increasing of students motivaton by using group guidance service. The research problem was students who have low learning motivation. The research method was pre experiment by using one group pretest and posttest design. The research subjects were 12 students who have low learning motivation. The data analysis was using wilcoxon test. It showed that students learning motivation increased 51,18% and Zcount<Ztable (-3,061<14) so Ha was received, it means that students learning motivation can be increased by using group guidance services.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebanyak 12 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 51,18% dan Zhitung < Ztabel (-3,061<14), maka Ha diterima, artinya motivasi belajar mengalami peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok

Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Gramedia

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winkel. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Winkel. 1991. Bimbingan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.