PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Ikhwan Nurhakim, Muswardi Rosra, Syaifuddin Latif

Abstract


The purpose of this research was to know the increasing of students study motivaton using group guidance service. The research problem was students who have low study motivation. The research method was pre-experimental by using one group pretest and posttest design. The research subjects were 8 students who have low learning motivation. The data collection technique was using learning motivation scale. The data analysis was using wilcoxon test. It showed that students study motivation increased 60,06% and Zoutput<Ztable (-2,524<1,645) so Ha was received, it means that students learning motivation can be increased by using group guidance services.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Metode penelitian ini adalah metode pre- eksperimental dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 60,06% dan Z output < Z tabel (-2,524<1,645), maka Ha diterima, artinya bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta. Hal : 171.

Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal : 132; 134.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang. Hal : 1; 309.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Hal : 73; 75; 83; 102.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal : 74.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Hal : 64.

Uno, H.B. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hal : 2.

Winkel.1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia. Hal : 27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.