MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Abstract
The purpose of this research is to know whether the motivations of learning can be increased by using guidance services group. The method used is quasi experimental research, with One-Group Pretest-Posttest Design. The subjects of this research are 10 students who experienced low motivation to learn at SMA negeri 8 Bandar Lampung academic year 2013/2014. The result of data by using t-test showed that t-test result show that t-ratio > t-table (17,05>4,781) so Ha is acceptable, means that the motivation to learn students can be improved through guidance services group.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pre-eksperimental Design One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang mengalami motivasi belajar rendah pada siswa di SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian data dengan uji-T menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (17,05>4,781) maka Ha diterima, berarti motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi dan Supriyono. 2010. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek(Edisi Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.
Astuti, Nurul Adhi. 2011. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII IPS di SMAN 1 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi.Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Juntika, A. 2006. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Refika Aditama
Prayitno. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta : Depdikbud
Prayitno, dkk. 1997. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Penebar Aksara
Prayitno. 2004. Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi. 2003. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta
Winkel W.S. 2003. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Winkel W.S. 2002. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah (Cetakan VII). Jakarta: Grasindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.