PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Abstract
The purpose of this research was to know the increasing of learning motivation by using group counseling. Research problem was low learning motivation. Research method was experimental method technique with one-group pretest-posttest design. Subjects are students of grade VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro, six students. Research results obtained during mean score of 60.2 and increased to 101.3 or increased to 40%. Data gained the using learning motivation scale. It is shown from the pretest and posttest results obtained zhitung = -2.201 and ztabel 0.05 = 2.015. Because zoutput> ztabel then, Ho is rejected and Ha is accepted, it means that learning motivation can be increased by using group counselling. Conclusion of this research is learning motivation can increase by using group counselling of the students grade VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro Academic Year 2013/2014.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar menggunakan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro, sebanyak enam siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil penelitian pada saat diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,2 meningkat menjadi 101,3 atau mengalami peningkatan sebesar 40% Hal ini ditunjukkan juga dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung =-2,201 dan ztabel 0,05 = 2,015. Karena zhitung > ztabel maka Ha diterima, , artinya motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.UNP
Rahman, Hibana S. 2003.Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press
Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
________. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin.2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada
Uno,Hamzah B.2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.