PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA
Abstract
The aim of this study was to know whether self adjustment of students can be increased by using group counseling with sociosdrama techniques.The method used in this research was quasi experimental one group pretest-posttest design, and stastiscally analyzed by non-parametric T- test.The subjects of this study were 30 students, who had low self adjustment in school. The results in research showed that self adjustment of students increased significantly after being given group counseling sociodramas techniques. It was shown from the pretest and posstest results which obtained t output= 15,87 and t table 0,5=2,042. Because t output ≤ t table, then Ho was ignored and Ha was accepted.It meant that there was significant increases betweenself adjustment of students before and after being given grouf counseling of sociodramas techniques. The conclusion was that self adjustment of students could be increased by using group counseling techniques sociosdrama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji t.Sampel penelitian ini tiga puluh orang siswa kelas VII E.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa mengalami peningkatansignifikan setelah pemberianbimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleht hitung = 15,87 dan t tabel = 2,042. Karena t hitung ≥ t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama.Kesimpulan, penyesuaian diri siswa dapatditingkatkan melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, penyesuaian diri, sosiodrama.
Full Text:
PDFReferences
Gufron & Risnawati.2011 .Teori-Teori Psikologi.Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Hurllock, E.B. 1995..Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kahidupan Edisi Ke Lima.Alih bahasa oleh Istiwidayanti & Soedjarwo.Jakarta : Erlangga.
Kellermann, Grsindo.Peter Felix. 2007. Sociodrama and collective trauma. Jurnal of personality and social psycology. London: Jessica Kingsley PublishersPrayitno dan Amti. E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalim, Mochamad dan Suradi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Prayitno.1995.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta: Ghalia Indonesia.2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok.Padang: FIP UNP.
Sunarto & Hartono, B. Agung. 2008. Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta
Winkel, WS. 2004. Bimbingan dan Konseling Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Winkel & Hastuti, Sri. 2010. Bimbingan dan Konseling di institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.