PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK

Erwin Wijaya, Syaifuddin Latif, Ratna Widiastuti

Abstract


The aims of this study was to know whether social interaction with peers could be increased by using group guidance service. The method used Quasi experimental one group pretest-posttest design, and stastiscally analyzed by non-parametric wilcoxon test. The subjects of this study were 8 student, which had low social interaction. The results in research showed that social interaction with peers increased significantly after following the group guidance services. It was shown from  the pretest and posstest results which obtained z table 0,05= 0 and z output= -2,512. Because z output ≤  z table, then Ho was refused and Ha was received. It meant that there were significant increases between the social interaction with peers before and after group guidance services. The conclusions was that interaction with peers could be increased by using group guidance services towards students of eleventh grade of SMA Negeri 1 Tanjung Bintang in 2012/2013.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  interaksi sosial dengan teman sebaya dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon. Subyek penelitian ini delapan orang siswa yang memiliki interaksi sosial rendah dengan teman sebaya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa interaksi sosial dengan teman sebaya mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2,512 dan Z tabel = 0. Karena Z hitung ≤ Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial dengan teman sebaya sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan, interaksi sosial dengan teman sebaya dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI  SMA N 1 Tanjung Bintang Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata kunci : bimbingan kelompok, interaksi sosial, teman sebaya.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno dan Amti. E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Restyowati D dan Najlatun N. 2010. Penerapan Teknik Permainan Kerjasama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa. Surabaya : Unesa (Artikel)

Santoso, S. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama

Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, DK. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Walgito, B. 2002. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.