PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL POSITIF PADA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK

Umi Chasanah, Syaifudin Latief, Shinta Mayasari

Abstract


The aims of the research was to increase the capabilities of positive social interaction using group guidance service. The research method was quasi-experimental with one-group pretest-posttest design.The research subjects were six student of grade X who had low positive social interaction at school. Data collecting technique used sosiometri and observation. The research result showed that student’s positive social interaction ability increased after given group guidance service, it was proved from the result of pretest and posttest obtained Z count = -2,201 and Z table = 0. Because Z count Z tables, Ho rejected and Ha received. Differences scores of positive social interaction ability before and after given groups guidance service was 42,3%. The conclusion was that there was increasing of student’s positive social interaction ability by using groups guidance service of the vocational high school.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial positif menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian adalah quasi eksperimen desain one group pretest-posttest. Subyek enam siswa kelas X yang memiliki kemampuan interaksi sosial positif rendah. Pengumpulan data menggunakan sosiometri dan observasi. Hasil menunjukkan peningkatan yang ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2,201 dan Z tabel = 0. Karena Z hitung ≤ Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan skor kemampuan interaksi sosial sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok adalah 42,3%. Kesimpulan penelitian adalah kemampuan interaksi sosial positif dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

 

Kata kunci : bimbingan dan koseling, bimbingan kelompok, interaksi sosial positif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Djiwandono, S.E.W. 2005. Konseling dan Terapi Dengan Anak dan Orangtua. Jakarta: Grasindo.

Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Santosa. 1999. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Setiyadi. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.