Peningkatan Self Regulation Dalam Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi

Dinny Suryani, Yusmansyah Yusmansyah, Citra Abriani Maharani

Abstract


The problem this research was students who had low self regulation. The research aimed to know the increase self regulation in learning by using discussion technique counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung academic year 2019/2020. The method the research applied a pre-experimental with one group pretest and posttest design. The total research subjects was ten students from X IPS 2. Data collection technique used a self regulation scale in learning. The data analysis used Wilcoxon test. It indicated there was an increase of self regulation in learning. Based on the pretest and the posttest result self regulation, it showed that Zscore = -2.805 < Ztabel = 1.645, so Ho was rejected and Ha was accepted. It could be concluded the self regulation could be improved by using discussion techinque of counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung  academic year 2019/2020.

Permasalahan dalam penelitian adalah self regulation siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self regulation dalam belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self regulation dalam belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, penelitian menunjukkan terjadi peningkatan self regulation dalam belajar siswa berdasarkan hasil pretest dan posttest self regulation dalam belajar diperoleh bahwa Zhitung = -2,805 < Ztabel = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah self regulation dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling diskusi kelompok, self regulation dalam belajar.



Full Text:

PDF

References


Erlangga. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol 4, No 1.

Ghufron.(2010).Teori-teoriPerkembangan. Bandung : Refika Aditama.

Harnes. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK UNESA. Vol 3, No 1.

Khafidhoh. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Siswa SMP Negeri 13 Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 4, No 2.

Lubis. (2017). Bimbingan Kelompok dengan teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol 1, No 1.

Normanita. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Cinematheraphy Berpengaruh Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Demak. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 7, No3.

Nursafitri. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal BK UNESA. Vol 3, No 1.

Pranoto. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Regulation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesia Journal Of Education Counseling. Vol 2, No 1.

Putro. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol 3, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.