The Improvement Positive Attitudes Towards Environmental Mastery Through Group Guidance Role Playing Techniques.

Astri Febriyanti, Shinta Mayasari, Moch Johan Pratama

Abstract


The problem of this research is the students who have negative attitude in environmental mastery at school. The problem is whether the group guidance for role playing techniques can improve students positive attitude towards SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The objective of the research is to improve students positive attitudes towards psychological well-being, especially the dimension of environmental mastery. The quasi eksperimen design untreated control group design with dependent pre-test and posttest was used in this method. The subject of the research were 10 experimental group and 10 control group. Data collection techniques use a environmental mastery scale. The results showed that attitudes towards the environmental mastery of students in schools could be improved through group guidance techniques for role playing techniques, this was shown by the Mann Whitney test results. The results of statistical analysis showed value (Sig.) 0.000 < 0.05 the Ho was rejected by Ha accepted.

Masalah penelitian ini adalah siswa yang memiliki sikap negatif terhadap environmental mastery di sekolah. Permasalahannya adalah “apakah layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap environmental mastery pada siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi Environmental mastery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain untreated control group design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian yaitu 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap environmental mastery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap environmental mastery siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing,  hal ini ditunjukkan hasil uji Mann Whitney. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima.

Kata kunci: bimbingan kelompok, sikap positif, teknik bermain peran

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y. (2017). Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Diakses dari Skripsi Universitas Sebelas Maret Vol 4 No 8. (diakses tanggal 19 September 2018)

Anggraini, T. (2014). Hubungan Antara Psikologikal Will Being Dan Kepribadian Hardiness Dengan Stress Pada Petugas Port Security. Diambil dari UNESA Vol 4 No 2. (diakses pada tanggal 18 Maret 2018)

Bandura, A. (2001). Social Learning and Cognitive Theory:An Agentic Perspective. Annual Review Of Psychology. Diambil dari Jurnal Psikologi Undip Vol 3 No 2. (diakses tanggal 23 Maret 2018)

Yulia, S. (2017). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI. Diambil dari Skripsi Universitas Lampung Vol 4 No 8. (diakses tanggal 17 Juli 2019)

Dian, N. (2017). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Prilaku Solodaritas Siswa Dalam Menolong Teman. Diambil Dari Jurnal Edutech Vol 1 No 1. (diakses tanggal 23 Juni 2018)

Rogers, C. (2003). On Becoming a person. London: United Kingdom.

Ryff, C. (2014). Psychological Well-Being Revisited : Advances in the Science and Practice of Eudaimonia. Diambil dari Journal of Psychotherapy and Psychosomatics Vol 2 No 4. (diakses Tanggal 3 Mei 2018)

Sari, R. (2015). Tingkat Psikologis Will Being pada remaja panti sosial bina remaja Yogyakarta. Diambil dari Jurnal UNY Vol 2 No 1. (diakses tanggal 17 Februari 2018)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanujaya, W. (2014). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kesejahteraan Psikologis (Psychological well being) Pada Karyawan Cleaner (Studi Pada Karyawan Cleaner Yang Menerima Gaji Tidak Sesuai Standar Ump Di PT. Sinergi Intergra Service, Jakarta). Diambil dari Jurnal Pendidikan Vol 2 No 4. (diakses tanggal 16 Desember 2018)

Triwahyuningsih, Y. (2017). Hubungan Antara Self Esteem Dan Kesejahteraan Psikologis. Diambil dari Jurnal Psikologi Pendidikan Vol 4 No 1. (diakses tanggal 27 Desember 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.