Peningkatan Kosep Diri Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa
Abstract
The problem in this study is the low self-concept of students. The problem in this research is “can the self-concept of the students be upgraded by using group guidance service with discussion technique?”. The purpose of this research is to improve the self-concept of the students by using group guidance service with discussion technique. This research method is pre-exsperimental with one-group pretest-posttest design. The subjects of this research are 12 students who have low, medium, and high self-concept. This research uses self-concept scale as data collection technique. The pre-test and post-test data analysis using the Wilcoxon test obtains Zscore = -3.059 < Ztable0.05 = 1.645. Thus, Ha is accepted, which means that self-concept in class XI students can be increased by using Group Guidance Service With Discussion Techniques at Public Vocational High School 1 Terbanggi Besar academic year 2018/2019.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah konsep diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan konsep diri siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa yang memiliki konsep diri rendah, sedang dan tinggi. Penelitian ini menggunakan skala konsep diri sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data pre-test dan post-test menggunakan uji Wilcoxon memperoleh Zhitung = -3,059 <Ztabel0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti bahwa konsep diri pada siswa kelas XI dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, diskusi kelompok, konsep diri
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanta, N. 2014. Meningkatkan Konsep Diri Positif Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. ALIBKIN. Universitas Lampung Vol 3 No.2 Tahun 2014 (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/5898 diakses pada 22 Mei 2019 Pk 22.37)
Astuti, W. 2015. Peningkatan Konsep Diri Positif Siswa Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN. Universitas Lampung. Vol 4 No.3. Tahun 2015 (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/11270 diakses pada 22 Mei 2019 Pk. 21.52)
Faria, I, W. 2011. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. ALIBKIN. Universitas Lampung. Vol 3 No.4 (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/9582 Diakses pada 10 September 2019 pk. 23.24)
Irawan, E. 2010. Evektivita Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja: Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Yapema Gadingrejo Lampung. PSIKOPEDAGOGIA. UAD Vol 2 No.1 Tahun 2013 (http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/2459 diakses Pada 22 Mei 2019 Pk 20.23)
Muslifar, R. 2015. Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. JBK. Universitas Mulawarman. Diakses Pada 22 Mei 2019. https://scholar.google.co.id/citations?user=2eQo3dwAAAAJ&hl=en
Negara, S, Y. 2014. Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Peranan Pada Siswa Kelas XI IPS 1. GUSJIGANG. Vol 3 No 2. Universitas Muria Kudus. (http://jurnal.umk.a.id/index.php.gusjigang/article/vie/412 diakses Pada 10 September 2019)
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Surna, Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama
Widodo, H. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perkembangan Konsep Diri Positif Siswa Di SMKS-PP Swasta Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2016/2017. JSBK. STKIP Budidaya. Vol.8 No.1 Tahun 2019 (http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jb/article/view/117 diakses pada 22 mei 2019 pk.22.22)
Wiyarti, P. 2019. Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Mind Map Pada Siswa Kelas X Mipa 9 SMA 1 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. EMPATI. Universitas PGRI Semarang Vol 6 No 1 Tahun 2019 (http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/4117 diakses pada 10 september 2019 pk.23.56)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.