Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa
Abstract
The problem in this study was discipline of students learning. This study aimed to determine the relationship between parenting style with the discipline of learning in SMP Negeri 20 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The research method is quantitative. The study population was 400 students and the research amounted to 100 students taken by using simple random sampling correlation technique. Data collection techniques used a scale of parental style and discipline of learning. The data analysis technique uses Product Moment correlation. The results showed that there was a significant relationship between the parenting style and discipline of learning with the correlation value r = 0.437 > rtable = 0.256 significance level p = 0.01 then Ha was rejected and Ho accepted. The conclusion of this study was there is a significant positive relationship between the parenting of style and the discipline of learning.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar di SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 400 siswa dan penelitian berjumlah 100 siswa diambil dengan teknik korelasi simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua dan skala disiplin belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar dengan nilai korelasi rhitung = 0.437 > rtabel = 0.256 taraf signifikasi p = 0,01 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa.
Kata kunci: bimbingan Konseling, disiplin belajar, pola asuh orang tua
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, A. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, Vol 1 No 1. (diakses tanggal 8 April 2018 Pk. 17:37)
Ayu, dkk. 2009. Perbedaan Kemandirian Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua pada Siswa SMP Negeri di Denpasar. Universitas Negeri Padang. Vol 2 No 1. (diakses 8 Agustus 2014 Pk. 21:44)
D, Edward. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mirzan Utama.
F, Dienda. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol 5 No 2. (diakses tanggal 18 September 2018 Pk. 17:14)
Hidayati, N. 2014. Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi dan Kemandirian anak SD. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 3 NO 1. (diakses tanggal 14 September 2018 Pk. 01:12)
K, Ummah. 2013. Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Intelegensi. Universitas Brama Wijaya. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013 Padang. (diakses pada 02 Mei 2018 Pk. 14:04)
Khalsa S, SriNam. 2008. Pengajaran Disiplin & Harga Diri: Strategi, Anekdot, Dan Pelajaran Efektif Untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Puspita, Bella. 2017. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 2 No 2. (diakses tanggal 22 November 2018 Pk. 10:54)
T, Jaya., & Suharso, S. 2018. Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Universitas Tarumanegara. Vol 7 no 3. (diakses tanggal 17 September 2018 Pk. 22:06)
Wijaya, Hanna. 1986. Hubungan antara Asuhan Anak dan Ketergantungan Kemandirian. Jurnal Pendidikan, Vol 1 No 1. (diakses tanggal 13 Maret 2019 Pk. 11:17)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.