Peningkatan Sikap Positif Terhadap Purpose In Life Dengan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing

Ridia Dinata, Yusmansyah Yusmansyah, Moch Johan Pratama

Abstract


The purpose of the research was to increase a positive attitude towards psychological well-being in terms of purpose in life. The method used in this study is quasi-experimental design of untreated control group design with dependent pretest and posttest. The research subjects were an experimental group of 10 people and a control group of 10 people. Data collection techniques use a scale of purpose in life attitude. The results showed that positive attitudes towards students' purpose in life can be improved through role playing technique group guidance services, this is indicated by the Mean Whitney test results with values (Sig.) 0.000 <0.05, then Ho is rejected Ha accepted, meaning that there is an increase of positive attitude towards purpose in life after being given role playing technique group guidance services in the experimental group. The conclusion is that the positive attitude of students towards purpose in life can be improved by using role playing technique group guidance services in the experimental group of grade XI students of SMK Negeri 4 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019.

Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis dimensi purpose in life. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain untreated control group design with dependent pretest and posttest. Subjek penelitian adalah kelompok eksperimen sebanyak 10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap purpose in life. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap positif terhadap purpose in life siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing,  hal ini ditunjukkan hasil uji Mean Whitney dengan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap positif terhadap purpose in life setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing  pada kelompok eksperimen. Kesimpulannya adalah sikap positif siswa terhadap purpose in life dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, teknik role playingpurpose in life

 

 

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T, P. 2014. Hubungan Antara Psikologikal Will Being Dan Kepribadian Hardiness Dengan Stress Pada Petugas Port Security. Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10984/10513. Diakses pada 2 Februari 2018.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. 2001. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice, Inc.

Bronfenbrenner, U. 2005. The Ecology of Human Development. USA: Harvard University.

Chadijah, A. 2012. Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Diambil dari http://journal.download .portalgaruda.org/article.php?article=129635&val=4066. Diakses pada 22 Februari 2018.

Dita, T, N. 2014. Metode Role Playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Diambil dari http://jou rnal.portalgaruda.org/article.phparticle=289028&val=7239&title=METODE%20ROLE%20PLAYING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR. Diakses pada 2 Februari 2018.

Djamarah, S. B. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erikson, E. H. 2008. Identity and the Life Cycle. New York: International Universities Press.

Ernani. 2016. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang. Diambil Dari : http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/download/1072/906. Diakses pada 3 Februari 2018.

Fishbein, M. 2005. Attitudes, Personality, and Behavior. New York: Open University Press.

Ismiasih, L. 2016. Aktifitas metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas XI SMA Muhammadiah pakem sleman. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fiptp/article/viewFile/1081/962. Diakses pada 20 Februari 2018.

Munir, F, K. 2017. Pengaruh penggunaan metode Role Playing terhadap minat belajar siswa kelas X pada materi virus di SMA Azhariyah Palembang. Diambil dari http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/1066. Diakses pada 5 Februari 2018.

Novianti, D. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Prilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman. Jurnal Edutech Vol.1 No.1. Diambil dari: https://journal.neliti.com/media/publications/42696IDpengaruhpenerapanlayananbimbingankelompokteknikroleplayingterhadapperil.pdf. Diakses pada 10 Februari 2018.

Nikmah, L. 2017. Efektifitas Role Playing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII SMPN 8 Kediri. Diambil dari: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0058.pdf. Diakses pada 20 Februari 2018.

Prayitno. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspa, M. 2017. Efektifitas Role Playing Untuk Mengurangi Prilaku Bullying Pada Siswa SMA N 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung. Diambil dari: http://repository.raden intan.ac.id/id/eprint/2390. Diakses pada 10 Februari 2018.

Ryff, C. D. 2014. Psychological Well-Being Revisited: Advance in the Science and Practiceof Eudaimonia. Journal of personality and Social Psychology. Diambil dari https://www.karger.com/Article/Abstract/353263. Diakses Pada 10 Januari 2018.

Sari, B, R. 2015. Tingkat psikologis will being pada remaja pantisosial bina remaja yogyakarta. Jurnal UNY (Online). Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/3/285. Diakses tanggal 17 Januari 2018.

Safitri, Y. 2017. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas XI. Skripsi. Universitas Lampung. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14134. Diakses pada 2 Februari 2018.

Shaftel, F, R. 1982. Role Playing In The Curriculum. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syarif, K. 2014. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Medan. Skripsi. Universitas Negeri Medan. Diambil dari http://digilib.unimed.ac. id/4794/1/Fulltext.pdf. Diakses Pada 20 Februari 2018.

Tanujaya, W. 2014. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kesejahteraan Psikologis. Skripsi. Universitas Esa Unggul. Diambil dari https://media. neliti.com/media/publications/126322-ID-hubungankepuasankerjadengankesejahte.pdf. Diakses pada 20 Februari 2018.

Triwahyuningsih, Y. 2017. Kajian Meta-Analisis Hubungan antara Self Esteem dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal UGM (Online) Vol.25 No.1, Hal.26-35, Diambil dari Https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/9382/17450. Diakses pada 2 Februari 2018.

Yahya, A. 2014. Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Diambil dari http:// jurnal.fkip.un s.ac.id/index.php/cons/article/viewFile/726/403. Diakses pada 10 Februari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.