Penggunaan Layanan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Sikap dan Kebiasaan Belajar yang Tidak Baik
Abstract
The problem in this research was the bad attitude and study habits.The problem in this research was whetherGroup's counselling services could be used to reduce the bad attitude and study habits students. The purpose of this research was know the use of group counselling services the could reduce the bad attitude and study habitsat students.The methods used in this research was Quasi Experimental design method of One-group Pretest-posttest Design.The subject of this research were as much as 8 studentsclass X.Data collection was using the PSKB (attitudes disclosureand study habits).The results obtained in this study indicated that Group's counselling services could be used to reduce the bad attitude and study habitsat students. the results Wilcoxon test obtained z count =-2.524 < z table = 1.645, than Ho denied and Ha received. The conclusions of this research wasGroup's counselling services could be used to reduce the bad attitude and study habits at students class X in SMAN I Natar.
Masalah dalam penelitian ini adalah sikap dan kebiasaan belajar siswa yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan Konseling kelompok dapat mengurangi sikap dan kebiasaan belajar tidak baik pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental dengan desain One-group Pretest-posttest Design. Subjek penelitian ini 8 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Pengungkapan Sikap dan Kebiasaan Belajar (PSKB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dapat mengurangi sikap dan kebiasaan belajar siswa yang tidak baik. Hal ini ditunjukkan hasil uji Wilcoxon diperoleh zhitung = -2,524 < ztabel = 1,645 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dapat mengurangi sikap dan kebiasaan belajar yang tidak baik pada siswa kelas X di SMAN I Natar.
Kata kunci: konseling kelompok, kebiasaan belajar, sikap
Full Text:
PDFReferences
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gerungan, W.A. 2000. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Prayitno dan Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Prihantoro, Y.R. 2012. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Yang Baik Pada Siswa Kelas XI SMA Swadhipa Natar Tahun Ajaran 2011/2012 (Jurnal). Bandarlampung: FKIP Universitas lampung.
Ringga, Y. 2013. Meningkatkan Kebiasaan Belajar yang Baik Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013 (Jurnal). Bandarlampung: FKIP Universitas lampung.
Yusuf, S. 2006. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Pustaka Bani Quraisy: Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.