Hubungan Antara Penguatan Positif Oleh Guru Dengan Kreativitas Belajar Siswa

Wulan Sumiar, Yusmansyah Yusmansyah, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The purpose of this research was to know the relation between teachers positive reinforcement with students creativity learning. The problem in this study was the lowness students creativity learning. Data analysis used product moment correlation. The sample were as many as seventy one student. The data collecting technique used the positive reinforcement scale and creativity learning scale. The result of this research was there was a positive relationship between teachers positive reinforcement with students creativity learning with the value of correlation rcount = 0,567 ; with rtabel 0,321, so that rcount > rtabel so that meant Ho was rejected and Ha accepted. Conclusion the study was correlation between teachers positive reinforcement with students creativity learning.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara penguatan positif oleh guru terhadap kreativitas belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas belajar siswa yang rendah. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Sampel penelitian sebanyak 71 orang siswa MTs Daarul Maarif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penguatan positif dan skala kreativitas belajar. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis korelasi product moment menunjukkan ada hubungan yang positif antara penguatan positif oleh guru terhadap kreativitas belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi rhitung = 0,567 ; dengan rtabel 0,321, maka rhitung > rtabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara penguatan positif oleh guru dengan kreativitas belajar.

Kata kunci:hubungan, kreativitas belajar, penguatan positif



Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A & Uhbiyati, N. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Aiken, L.R. & Marnat, G.G. 2008. Pengetesan dan Pemeriksaan Psikologi, Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: P.T. Indeks

Arikunto, S. 2009. Prosedur penelitian suatu praktik: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin. 2008. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Erma Masruroh. 2012. Penerapan Metode Reward and Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII C MTs Negeri Ngemplak Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hartono. 2000. Strategi Pembelajaran. Pekanbaru: LSFK2P.

Munandar, U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munib, A. 2011. Pengantar Ilmu Penidikan. Semarang: Universitas Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.