PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATAKN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII
Abstract
The purpose of this research was to know the increasing of students study motivaton using group guidance service. The research problem was students who have low study motivation. The research method was quasi experimental by using one group pretest and posttest design. The research subjects were 8 students who have low learning motivation This research was conducted on the students of class VIII SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. The data collection technique was using learning motivation scale. The data analysis was using wilcoxon test. It showed that students study motivation increased 29,06% and Zoutput<Ztable (-2,446<1,645) so Ha was received, it means that students learning motivation can be inreased by using group guidance services.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi belajar yang rendah.Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian ini dilaukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 29,06%dan Z output < Z tabel (-2,446<1,645), maka Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta. Hal : 171.
Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal : 132;134.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang. Hal : 1;309.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Hal : 73;75;83;102.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal : 74.
Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Hal : 64.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hal : 2.
Winkel.1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia. Hal : 27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.