Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for U-JET?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel yang ditulis dalam U-JET meliputi hasil penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12† points, 1 spasi dalam 2 kolom, dan ukuran kertas A4. Panjang naskah antara 12-15 halaman, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 1 eksemplar beserta CD-nya. Berkas (file) diketik dengan microsoft word.
  2. Nama penulis artikel baik perorangan maupun tim, dicantumkan tanpa gelar akademik dan dilengkapi dengan alamat instansi serta ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama mencantumkan alamat e-mail dan nomor HP untuk memudahkan komunikasi.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut: Judul, ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata untuk artikel berbahasa Indonesia; 10 kata untuk artikel berbahasa Inggris, dan setiap kata diawali dengan huruf kapital, kecuali kata sambung (Capitalize Each Word) berukuran 14 points; Abstrak (Abstract), ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (maksimum 200 kata/bahasa), dengan memuat tujuan, metode, hasil penelitian; Kata kunci (Keywords), kata atau istilah yang mencerminkan esensi konten artikel (3-5 kata), ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan diketik miring-tebal; Pendahuluan (tanpa sub judul) yang berisi latar belakang, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; Metode; Hasil dan Pembahasan; Simpulan; dan Daftar Rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk), sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir, dan diutamakan sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi, dll) atau artikel-artikel dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  4. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun), contoh: (Miller, 1993). Pencantuman sumber pada kutipan langsung disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, contoh: (Miller, 1993:47) dan diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 5 ketukan, rata kiri dan kanan.
  5. Tata cara penyajian tabel dan gambar mengikuti ketentuan dalam†PedomanPenulisan Karya Ilmiah†tertentu (misalnya Universitas Lampung, 2008) atau mencontoh langsung pada tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987). Artikel berbahasa Inggris menggunakan ragam baku.
  6. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari†(reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan† secara tertulis.
  7. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan†software†komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.
  8. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

† † † † † †Buku:
† † † † † †Beverley, B. 1993. Childrenís Science, Constructivism and Learning in Science (Second† Edition). Victoria: Deakin University Press.

† † † † † †Buku kumpulan artikel:
† † † † † †Saukah, A. & Waseno, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

† † † † † †Artikel dalam buku kumpulan artikel:
† † † † † †Kozma, R.B. & Russell, J. 2007. Students becoming chemists: Developing representational competence. Dalam J. Gilbert (Eds.), Visualization in science education.Netherlands: Springer.

† † † † † †Artikel dalam jurnal atau majalah:
† † † † † †Miller, S. 1993. Childrenís Alternative Frameworks: Should be Directly Addresses in Science Instruction? Jurnal of Research in Science Teahing, 30 (3): 233-248.

† † † † † †Artikel dalam koran:
† † † † † †Fauzi, A. 22 Februari, 2011. Revitalisasi Pendidikan Agama. Kompas, hlm. 6.

† † † † † †Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
† † † † † †Kompas. 22 Februari, 2011. Pendidikan Profesi Guru Terkatung-katung, hlm. 12.

† † † † † †Dokumen resmi:
† † † † † †Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
† † † † † †Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

† † † † † Buku terjemahan:
† † † † † Brown, G. & Yule, G. 1983. Analisis Wacana. Diterjemahkan oleh I. Soetikno. 1996. Jakarta: Gramedia.

† † † † † Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
† † † † † Tarmini, W. 2008. Kata Tanya dalam Konstruksi Interogatif Bahasa Indonesia: Kajian Sintaktis dan Semantis. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS Unpad.

† † † † † Makalah, seminar, lokakarya, penataran:
† † † † † Rahman, B. 2010. Manajemen Mutu Akademik Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan untuk Meningkatkan Produktivitas Kelembagaan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Revitalisasi LPTK untuk Menghasilkan Guru Profesional, Universitas Lampung, † † † † † † † † † Bandar Lampung, 9 Juni.


† † † † † Internet (karya individual):
† † † † † Cole, P. 2005. How Irregular is WH in Situ in Indonesian. (Online), (http://www.ling.udel.edu/pcole/How_Irregular html), diakses 18 Mei 2005.


† † † † † Internet (artikel dalam jurnal online):
† † † † † Gunel, M., Hand, B. & Gunduz. S.† 2006. Comparing Student Understanding of Quantum Physics When Embedding Multimodal Representations into Two Different Writing Formats: Presentation Format Versus Summary Report Format. [Online]. Journal Interscience,† † † † † † † † Volume 5, No.4, Available: http://www.interscience.wiley.com. [21st of October 2007]
† † † † † Kumaidi.1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Open Office, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

segala sesuatu ynag menyangkut perijinan, pengutipan atyau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan haki menjadi tanggung jawab penulis artikel.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.