PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Dona Prayogo, Een Yayah Haenilah, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Problem in this study was the result of learning science on recycling water cycle material which was low on the fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu in the Academic Year 2013/2014. This study aimed to determine the effect of using card media with a picture of learning on learning outcomes of the IPA at fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu. This research was in the form of pre-experimental research designs with one group pretest posttest design. Research subjects were as many as 33 students in class VB. The calculations showed the calculated value (t) was negative amounting to -25.157, thus means the pre-test value is lower than the value of the post-test with a significance level of less than 0.05 is 0.000. Based on these results it can be concluded that learning by using picture card media influence the science learning outcomes in the fifth grade students of SD Negeri 3 Labuhan Ratu.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi siklus daur air yang rendah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa adalah kelas VB. Hasil perhitungan menunjukkan nilai hitung (t) negatif sebesar -25,157, dengan demikian berati nilai pre-test lebih rendah daripada nilai post-test dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media kartu bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu.

Kata kunci: hasil belajar IPA, media pembelajaran, media kartu bergambar.

Full Text:

PDF

References

Herniza, L. 2011. Pengaruh Media Audio -Visual Melalui Model NHT Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. Lampung: Universitas Lampung.

Indiana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.. Jogjakarta: Diva Perss.

Rahadi , A. 2003 . Media Pendidikan . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Dalam Jurnal Ilmu Kependidikan Volume 5, nomor 2 September 2008, hal 173-187.

Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.