PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA SD

Henny Rhatna Shary, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this study was to improve activity and study result of social study at IVB class of SDN 04 Metro Utara through the application of the index card match model. This research was a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Steps of the cycle is were planning, acting, observing, and reflecting. Data collection techniques used were techniques tests and nontest, while the data collection tool used observation sheets and questions test, then analyzed with qualitative analyzed techniques and quantitative analyzed. The results of research showed that the implementation of index card match model in the social studies can increase the activity and student result of study.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SD N 04 Metro Utara melalui penerapan model index card match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes,kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model index card match dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Katakunci: aktivitas, hasil belajar, index card match

References

Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang& Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Machmudah, Ummi. 2008. Active Learning. Malang: UIN Malang Pres.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2014. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.