PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Zakaria Ahmad, Siswantoro Siswantoro, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The problem of this research was the students had low activity and achievement in IPS. The purpose of this research was to improve the students activity and achievement in IPS through Problem Based Learning at the fifth graders of Elementary School. The kind of this research was Classroom Action Research. The subject of this research was the students and teacher at the fifth graders of SDN 1 Tambah Luhur that consisted of 1 teacher and 28 students. Data collecting technique of this research was using observation and test. Data analysis technique of this research was using qualitative and quantitative analysis technique. Based on the data analysis technique, this research showed that the students can improve their activity and achievement in IPS through Problem Based Learning Model at The Fifth Graders of SDN 1 Tambah Luhur.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN 1 Tambah Luhur yang terdiri dari 1 guru dan 28siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkanterdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Tambah Luhur.

Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar, PBL, pembelajaran IPS.



References

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Supriatna. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.