PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS

Azka Falaih Rizqiyana, Sarengat Sarengat, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research was to increase the activity and study result of student by implementing scientific approach and graphic media. Type of research was classroom action research conducted in three cycles, with steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data used the observation sheet and questions test. The technique of data analysis used qualitative analysis and quantitative analysis. The result of research showed that the implementation of scientific approach and graphic media could improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific dan media grafis. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media grafis, pendekatan scientific.

References

Aisyah, N. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitan Tindakan Kelas : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan dasar.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhsetyo, G. 2008. Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutikno, MS. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.