PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Chelsi Yuliana Surbakti, MAMAN SURAHMAN, Sasmiati Sasmiati

Abstract

The problems in this study was the low natural science learning achievement at the fourth grade students of SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandarlampung in 2014/2015 academic year. This study aimed to determine the effect of the experimental method to the achievement of natural science learning. The data analysis showed that the effect of the use of the result of the data analysis showed that there was an influence of the use of experiments method toward natural science learning achievement and there was difference between experiment group and control grup toward natural science learning at 4th grade SDN 1 Perumnas Way Halim Bandarlampung in 2014/2015 academic year.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Kota Bandarlampung Tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap prestasi belajar IPA. Hasil analisis data menunjukan bahwa Ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap prestasi belajar IPA dan ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Perumnas Way Halim Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci : metode eksperimen, prestasi belajar, IPA.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Hamalik, Oemar. 2004. Peroses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Larasati. 2005. Guru Dalam Peroses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Tim Pengembangan Mata Kuliah Dasar Pendidikan. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Gramedia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.