HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
The purpose of this research was to know the correlation between discipline learning with social science learning achievement. The method used in this research is the method of correlation. The sample of the research consist of 30 students. A correlational test was performed to analyze the data. The results of data analysis concluded that there is a correlation between discipline of learning with social science learning achievement.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar, dan prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS .
Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.