PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Dianty Eprilian, A. Sudirman, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The purpose of this study was to improve activity and student achievemen result of science study at the Vth class of SD Negeri 3 West Metro through the application of the treffinger model. This research was a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. Data collection techniques used were tests techniques and nontest, while the data collection tool used observation sheets and test questions, then in analyzing the data using qualitative analysis techniques and quantitative analysis. The results of research showed that the implementation of treffinger model in the science studies can increase the activity and student result of study.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Barat melalui penerapan model treffinger. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar pengamatan dan soal tes, kemudian di analisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model treffinger dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model treffinger

References

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BNSP. 2006. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

BNSP. 2006. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Mendiknas.

Dimyati, M. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sunarti. 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Puastaka.

__________2010. Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.