HUBUNGAN DISIPIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Umawaroh Umawaroh, Riswanti Rini, Lilik Sabdaningtyas

Abstract

The purpose of this research was to determine the corellation between discipline of learning with student achievement. This type of research used in this study was a correlation study. The population in this study were all fourth grade students of SD Negeri 1 Dayamurni with the number of 86 students as well as a sample. Data collection techniques in this study here using a questionnaire, test and documentation. Data were analyzed by using product moment correlation formula. Based on the results of data analysis and hypothesis testing showed that there is a positive correlation between discipline of learning and academic achievement even semester of fourth grade students of SD Negeri 1 Dayamurni school year 2014/2015.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Dayamurni dengan jumlah 86 siswa yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dan prestasi belajar siswa siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Dayamurni tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, siswa.

References

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendiknas. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia (online). (http://pusatbahasa.kemendiknas.go.id/kbbi/. Diakses pada tanggal 2 Januari 2015).

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://usu.ac.id/public/content/files/sisdiknas.pdf. Diakses pada tanggal 2 Januari 2015).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.