PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI STAD SISWA SEKOLAH DASAR

Anyta MJ, Muncarno Muncarno, sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research is to increase students' motivation and learning result using cooperative learning model of STAD. The research method was a class action research that consist of planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected using observation and test questions. Data were analyzed using qualitative analysis and quantitative analysis. Research result indicated that cooperative learning model of STAD implementation can increase motivation and learning student result.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, model cooperative learning tipe STAD, motivasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Penmbelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Pragmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni.2007. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.

Kemendikbud.2013 .Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert, E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Jakarta : Nusa Media.

Trianto 2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.