PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE

Rani Rahmawati, Ahmad Sudirman, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

This research aimed to increase the activity and learning outcomes through the implementation of think talk write strategy. This type of research was a classroom action research which consists of the two cycles. In collecting the data was using test techniques and nontest. Data collecting instruments used observation and questions test. Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. Research results showed that the application of think-talk-write strategy can increase activities and learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan strategi think talk write. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi think talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, strategi think talk write

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Garuda Persada Pers Group.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah-langkah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_____. 2013. Penilaian Autentik. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.