PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Vrisca Dyah Kurniati, Fitria Akhyar, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was learning achievement wich was not optimal yet, lack of inadequate and incomplete learning facilities in school the students in grade V Elementary School 2 Banyumas Regency Pringsewu academic year 2014/2015. The purpose of this research was to determine whether there was an influence of the roles of the parents and learning facilities in school on students learning achievement. Type of research was Expost Facto. The population in this research were 34 students. The technique of collecting data used questionnaires and documentation. The results showed that there was a positive and significant influence between the roles of the parents and learning facilities in school individually or jointly on student learning achievement.

Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar belum optimal, kurangnya peran orang tua dan sarana belajar di sekolah belum memadai dan lengkap pada siswa kelas V SD Negeri 2 Banyumas Kabupaten Pringsewu tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peran orang tua dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan sarana belajar di sekolah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa.

Kata kunci: peran orang tua, prestasi belajar, sarana belajar di sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumia Aksara.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas XII. Jakarta: PT Grasindo.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musaheri. 2007. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Saftarina, A.F. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Sarana Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Simburay, Zefry. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.