HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nur Laili Khusna, Nazaruddin Wahab, Riyanto M. Taruna

Abstract

The purpose of this research was to determine the correlation between parental guidance with student achievement. This type of research used in this study is a correlational study. The sampling technique used was saturated sampling. Thus, the sample in this study is as much as 45 fourth grade students of SD Negeri 1 Dayasakti which is a population study. Data collection techniques in this study using a structured interview, observation, and documentation. Data were analyzed using product moment correlation formula. Based on the results of data analysis and hypothesis testing shows there is a positive corellation between parental and academic achievement of fourth grade students of SD Negeri 1 Dayasakti District of West Tulang Bawang Tumijajar Academic Year 2014/2015.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 siswa kelas IV SD Negeri 1 Dayasakti yang merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Dayasakti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata kunci: bimbingan orang tua, prestasi belajar siswa.


References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kasinu, Akhmad. 2007. Metodelogi Penelitian Sosial Konsep, Prosedur dan Aplikasi. Kediri: CV. Janggala Pustaka Utama.

Prayitno & Erman Wati. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman, Tedi. 2013. Modul Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.