PENERAPAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Joni Saputra, Sulistiasih Sulistiasih, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan concept sentence. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan concept sentence dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

The aims of research are to increase activity and study result with implementation of concept sentence. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. Implementation of concept sentence can increase activity and study result.

Kata kunci: aktivitas, concept sentence, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: Rajawali Pres.

________. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pres.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.