PENERAPAN TEKNIK EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR

Sri Surani Kurniawati, Asmaul Khair, Sowiyah Sowiyah

Abstract

The research was based by the low of student ability on communicating material that be learned for friend fellow and study result of students still low. The aims of research were to improve communicative ability and study result by implementation of example non-example technique. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The instruments of data collection used observation guiding sheet and test. The data was analyzed used qualitative and quantitative analyze. The results of research showed that implementation of example non-example technique for thematics learning can improving communicative ability and study result of student.

 

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa mengkomunikasikan materi yang dipelajarinya kepada sesama teman dan hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar dengan menerapkan teknik Example Non-Example. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan soal tes. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Example Non-Example dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: example non-example, hasil belajar, kemampuan berkomunikasi.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Kemendikbud. 2012. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Badan PSDMP dan PMP.

_____________. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Dikti.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Wardani, I.G.A.K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.