PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rohmad Fauzi, Supriyadi Supriyadi, Mugiadi Mugiadi

Abstract

The aims of this research were to increase the study result of students by implementation of problem based learning model and scientific approach. The kind of research was classroom action research with planning, acting, observation, and reflection step. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of the research showed that the implementation of problem based learning model and scientific approach can increase the study result of students.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning dan pendekatan scientific. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model problem based learning dan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  

Kata kunci : hasil belajar, model problem based learning, pendekatan scientific.

References

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemesdikbud.

Nurgiantoro, Burhan. 2011.Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta :Rajawali Press.

Sudiatmaja, Kojat. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Bandar Lampung: Gajah Mada

UU Nomor 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Univeritas Terbuka.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.