PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KELOMPOK DAN HASIL BELAJAR

Ni Nengah Lady Prasanti, Rapani Rapani, Sarengat Sarengat

Abstract

The aims of this research were to increase the motivation and learning result of students at grade IVB SD Negeri 1 Metro Pusat. This research used classroom action research that consist of planning, acting, observing and reflecting. The technique of data collection used observation sheet and question test. Technique of data analysis used qualitative analysis and quantitative analysis. The research showed that implementation of inquiry method can increase teamwork motivation and learning result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 1 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan motivasi kerja kelompok dan hasil belajar siswa.

Kata kunci :   hasil belajar, metode inquiry, motivasi kerja kelompok.

References

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Wardhani, I.G.A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.