PEMAHAMAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PEMBELAJARAN TERPADU PADA KURIKULUM 2013

Maryeni Maryeni, Rochmiyati Rochmiyati, Sasmiati Sasmiati

Abstract

This research focuses on the teachers understanding of primary school at the fourth grade about integrated learning on curriculum 2013 in the city of Bandar Lampung. The purpose this study is to determine understanding of teachers of the integrated learning in integrated learning concept aspect and in the aspect of integrated learning procedure which includes the preparation of the planning, implementation and evaluation. This study uses a  combination method with of the Sequential Explonatory research design. The study population is 18 primary school with 52 teachers . The sampling technique is purposive  sampling, so that study sample is 9 primary school with 30 teachers. The results of study indicate that 22 teachers or (73.33%) is lack at understanding about of integrated learning in evaluation procedure aspects integrated learning.

Penelitian ini berfokus pada pemahaman guru sekolah dasar kelas empat tentang pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013 di kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru tentang pembelajaran terpadu dalam aspek konsep pembelajaran terpadu dan dalam aspek prosedur pembelajaran terpadu yang meliputi penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan desain penelitian Sequential Explonatory. Populasi penelitian ini 18 sekolah dasar dengan 52 guru. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, sehingga sampel penelitian ini 9 sekolah dasar dengan 30 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 22 guru atau (73.33%) kurang memahami tentang pembelajaran terpadu dalam aspek prosedur evaluasi pembelajaran terpadu.

Kata kunci: kurikulum 2013, pemahaman guru, pembelajaran terpadu.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Azwar, Saifuddin. 2005. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lapono, Nabisi dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.