PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Akmal Hadi Maulana, Nelly Astuti, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of the research were to increase the motivation and the students out come with implementation of audio visual media. The method of the research was Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of the data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that motivation of student in cycle I (55,25), cycle II (59,13), cycle III (63,23). The attitude of student in cycle I (53,88), cycle II (55,71), cycle III (58,44). Psychomotor of student in cycle I (49,71), cycle II (56,16), cycle III (62,16). The cognitive of student in cycle I (71,38), cycle II (73,61), cycle III (80,58).

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan media audio visual. Metode penelitian adalah Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi siswa siklus I (55,25), siklus II (59,13), siklus III (63,23). Sikap siswa siklus I (53,88), siklus II (55,71), siklus III (58,44). Psikomotor siswa siklus I (49,71), siklus II (56,16), siklus III (62,16). Kognitif siswa siklus I (71,38), siklus II (73,61), siklus III (80,58).

 

Kata kunci: audio visual, hasil belajar, motivasi.

References

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asra. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Asyhar, H. Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Press.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Ridwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis dibidang pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.