KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING MEDIA GRAFIS

Devy Larasati Sukoco, Darsono Darsono, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of this research are to increase critical thinking skills and the learning result through problem based learning with grapic media. The kind of this research is Classroom Action Research with planning, acting, observing, and reflecting step. Collecting the data use observation sheet to the critical thinking skills, and worksheet to the learning result. . The critical thinking skills data is analyzed with qualitative analyzes, the learning result data is analyzed with quantitative analyzes. The result of the research showed that the implementation of problem based learning with graphic media can increase critical thinking skills and the learning result.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar melalui penerapan problem based learning dengan media grafis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk keterampilan berpikir kritis, dan lembar tes untuk hasil belajar. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan analisis kualitatif, data hasil belajar dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan problem based learning dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, media grafis , problem based learning.



References

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Sari, Devi Diyas. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi. (oline) http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 22 Februari 2014

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat ketenagaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.