PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Nyoman Tri Yulianti, Muncarno Muncarno, Nelly Astuti

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and study result of student by interactive instruction. The method of the research was Classroom Action research . The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activities in cycle I “Moderately Active” to be “Active” in cycle II. Percentage of the cognitive completeness in cycle I 67% to be 85% in cycle II.  The result study of affective in cycle I is “Quite” to be “Good” in cycle II, and psychomotor in cycle I is “Quite Skilled” to be “Skilled” in cycle II.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran interaktif. Metode penelitian ini adalah Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 67% menjadi 85% pada siklus II,  Afektif siswa siklus I “Cukup” menjadi “Baik” di siklus II, dan psikomotor  siswa siklus I “Cukup Terampil”  menjadi “Terampil” pada siklus II.

Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, pembelajaran interaktif

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. . Jakarta: Bumi Aksara.

Machrus. 2012. Aktivitas Belajar. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2257232-pengertian-aktivitas-belajar/#ixzz1m0YCbVSZ. diakses Sabtu, 25 Januari 2014).

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implmentasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahman dan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya..

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.