PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Maulinda Putri Prasojo, Muncarno Muncarno, Nelly Astuti

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and the result of study by the implementation of contextual approach through graphic media. The method of the research was Classroom Action Research. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activity in cycle I (65,21%) to be (78,26%) in cycle II. The result study of the cognitive in cycle I (47,82%)  to be (82,6%) in cycle II, affective in cycle I (78,86%) to be (86,95%) in cycle II, and psychomotor in cycle I (21,74%) to be (86,95%) in cycle II.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan pendekatan kontekstual melalui media grafis. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I  (65,21%)  menjadi (78,26%) pada siklus II. Kognitif siswa siklus I (47,82%) menjadi (82,6%) di siklus II, afektif  siswa siklus I (78,86%)  menjadi (86,95%) pada siklus II, dan psikomotor siswa siklus I (21,74%) menjadi (86,95%) pada siklus II.

Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media grafis, pendekatan kontekstual

References

Angkowo dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asyhar, H. Rayandra. 2011. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Bandung: Gaung Persada Press.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Stategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hernawan, Asep Herry. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Johnson, B. Eline. 2006. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Ayi lesmana. 2006. Inovasi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdokarya.

Thobroni, Muhammad dan Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.