PENERAPAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA

Forry Putra Nilawan, Ahmad Sudirman, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The aim of this research is to improve the activity and learning product of the students in the subject PKn by applying a model cooperative learning type group investigation by media of graphic. The research method is action research classroom with two cycles and each cycle through four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The technique of collecting data done by observation and learning product of the test. The instrument of collection data is use of  observation sheets and question test and then analyzed by analysis of  qualitative data and quantitative data. The result of research showed that there is an increase in average value of the students’ activity and the students’ learning product in every cycles. An average value of students’ learning activity in cycle I is 70.88 and increased until 77.63 in cycle II. An increase from the cycle I to cycle II is 6.75.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model cooperative learning tipe group investigation dengan media grafis. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,88 dan meningkat pada siklus II sebesar 77,63. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,75.

Kata kunci: aktivitas, grafis, group investigation, hasil

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT.Bumi Aksara. Jakarta. 152 hlm.

Hamalik, Oemar 2009.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Bumi Aksara. Jakarta. 242 hlm.

Henry, Asep Hernawan. 2007. dan Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI PRESS. Bandung. 217 hlm.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung. 274 hlm.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. 311 hlm

Tim Penyusun, 2009. Undang-undang Sisdiknas. Sinar Grafika. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. PT. Bumi Aksara. Jakarta. 185 hlm.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.