PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS PROSA NONFIKSI MELALUI PENGALAMAN PRIBADI SISWA

Sita Budi Ruri, Suwarjo Suwarjo, Sowiyah Sowiyah

Abstract

The goal of this research is to improve the activity and competency to write nonfiction prose by students personal experience in grade 5th at Elementary School 4 Adipuro Trimurjo. The method which used is classroom action research (CAR) by the cycles and each cycles through 4th steps activity, that is: planning, action, observation, and reflection. The data sampling technique used observation sheet and data analysis in this research used qualitative and quantitative analysis. Based on the result of the research it is known that the income of students activity score in following the learning, it has a raising. The average score of student activity in cycles I until cycles III has improvement in every cycles. So that it can gain the score category “excellent”. For the students learning result that improve in every cycles, where is the average class can get KKM score and get the success more than 75%.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan melalui penerapan model  quantum teaching dan SEQIP dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata aktivitas siswa serta peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I keterampilan proses IPA termasuk pada kategori sedang kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 43,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan 40,63% sehingga menjadi 84,38%. Lebih lanjut diharapkan kepada siswa agar selalu aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta harus lebih menguasai berbagai teori dan percobaan IPA sehingga dapat menerapkan berbagai keterampilan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan guru dapat mengajarkan dan memotivasi siswa untuk dapat menguasai materi-materi pembelajaran. Selain itu diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menginovasi pembelajaran. Diharapkan agar sekolah dapat mengembangkan model quantum teaching dan juga memaksimalkan media SEQIP sebagai inovasi dalam pembelajaran sehingga dapat diterapkan oleh guru-guru pada dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata kunci : aktivitas belajar, menulis, prosa nonfiksi.

References

Ahira, Anne. Pahamilah Keterampilan Menulis Dasar. Anneahira.com.November. 2010. Anneahira. 11 Februari 2012 http://www.anneahira. com/pengertian-keterampilan-menulis.htm.

Ditjen Kemendiknas. 2010. Pembelajaran Berbasis Paikem (CTL, Pembelajaran Terpadu, dan embelajaran Tematik) Materi Penguatan Pengawas Sekolah. Dirjen Kemendiknas. Jakarta.

Hastuti, Kusuma. 2008. Keterampilan Menulis engalaman Pribadi Sebagai Kreativitas Mengarang Siswa Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 3

Boyolali (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Juliantara, Ketut. Aktivitas Belajar. Edukasi Kompasiona. April. 2010. Blogger. 20 Oktober 2011 http: //edukasi.kompasiana.com/2010/04 /11/aktivitasbelajar/.

html.

Maarif, Samsul. Upaya Peningkatan Pembelajaran Menulis. Unjabisbis.Net. Juni. 2011. Blogger. 1 November 2011 http://www.unjabisnis.net/2011/06/

upaya-peningkatan-pembelajaran-menulis.html.

Mbahbrata. Keterampilan Menulis. Edukasi Kompasiona. Maret. 2010. Blogger. 20 Oktober 2011 http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2010/03/

keterampilan-menulis.html.

Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Ridwan, Gunawan. 2011. Akivitas Belajar dalam Pendekatan Kontekstual. http://id.shvoong.com/socialsciences1961162-aktifitasbelajar/. Diakses

pada Senin, 2/1/2011@ 11.00 WIB.

Wardhani. I.G.A.K., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.

Widjojoko, Endang Hidayat.2006. Teori Dan Sejarah Sastra Indonesia. UPI Press. Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.