Hubungan antara Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri

Indah Purnama Sari, Maman Surahman, Muhisom Muhisom

Abstract

The problem in this reseach is the low learning outcomes of grade V students at SD Negeri 01 Gapura. The purpose of this study was to analyze and know the significant relationship between learning facilities and learning outcomes of class V SD Negeri 01 Gapura. The research method uses is quantitative. The population was 40 students and using saturated samples. The data collection tool using a questionnaire was tested for validity and reliability. The data analysis technique used product moment correlation formula. The results showed that there was a positive and significant relationship between learning facilities and learning outcomes of class V elementary school students 01 Gapura Kotabumi Lampung Utara.

Keywords: learning outcomes, learning facilities

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/pdg.v9i2.23379

Full Text:

45-61 PDF

References

Alex, Sobur. 2003. Psikologi Umum. Pustaka Setia, Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Bina

Aksara, Jakarta

_______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta, Jakarta

Bahri Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Barnawi, Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz

Media, Yogyakarta.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Daryanto, M. 2006. Administrasi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. BSNP, Jakarta.

Fadhil, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3: 24-33.

Gunawan, Ary. 2011. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro.

Rineka Cipta, Jakarta.

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Diva Press, Jogjakarta.

Hanafiah, Nanang., & Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Reflika Aditama, Bandung.

Hamalik, Oemar. 2011. Pendekatan Baru Stratei Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Hermawan, Ruswandi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4: 232-238

Jihad, Asep., & Abdul, Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo, Yogyakarta.

Kasmadi & Nia, Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.

Khan, P., & Igbal, M. 2012. Interdisciplinary. Journal of Contemporary Research in Business. 4: 211-220.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Refika Aditama, Bandung.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muncarno. 2016. Statistik Pendidikan. PT Arthawarna, Lampung.

Nuha, A. 2018. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Pelajaran Kesenian Siswa Kelas IV SDN Bandula 2 Malang. (Skripsi). Universitas Malang, Malang

Nur, J. 2017. Hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran PPKn. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Panuntun, B. (2015). Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Tremes Sidoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Permendiknas. 2017. Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Nomor 24. BSPN, Jakarta.

Riduwan, Sunarto. 2014 Pengantar Statistika untuk Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta, Bandung

Rusman. 2012. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

_______. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.

_______. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sopianti, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sri, Haryati. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendikia, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

_______. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

_______. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

_______. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung.

_______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, Bandung.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara, Jakarta.

Sulistiasih. 2018. Evaluasi dan Asesmen Pembelajran SD. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Uno, Hamzah, B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Widaryanto, Sidik. 2016. Hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yusra, A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. 2017. Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-prinsip Belajar dalan Islan untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Jurnal Bimbingan Konseling, 6: 106-112.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Group, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.