Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD
Abstract
The issue in this research is there are parents who still have not been provided good in parenting and to their childrens, and that causing low students outcomes learning. The purpose of this research is to know the correlation of parenting and tutoring to learning outcomes on 6th grade students of SD Negeri 1 Gedongair Bandar Lampung. Type of research that is used by the researchist is the quantitative analysis. The method is expost facto, by using the purposive sampling, which the subject is the students on 6th grades. The data collecting method is using the questionnaire instrument. Data analysis is using correlation coefficient product moment. According to the data analysis, it can be deducted that there is a correlation of parenting againts the learning outcomes of 6th grade students of SD Negeri 1 Gedongair Bandar Lampung, and there is a correlation of tutoring againts the learning outcomes.
Keywords: parenting, tutoring, learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya orang tua yang belum memberikan pola asuh dan bimbingan belajar yang baik terhadap anaknya, sehingga menyebabkan masih ada peserta didik yang mendapatkan hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan bimbingan belajarterhadap hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Gedongair Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode expost facto. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi hasil nilai. Analisis data menggunakan koefisiesnsi korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antar pola asuh orang tuaterhadap hasil belajar dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: pola asuh orang tua, bimbingan belajar, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Maghfuroh, Lilis. 2014. Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak SDN 1 Kabalan Kecamatam Kanor Kabupaten Bojonegoro. Jurnal SURYA, Vol.02, No.XVIII, hlm. 59-68.
Parnata, I Wayan. 2014. Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Tampaksiring. Skripsi (tidak diterbitkan): Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha. Vol 2. No.1.
Handoko, Martin. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Panduan Praktis. Bandung: Alfabeta
Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jihad, Asep dan Abdul Haris.2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ani, Catharina Tri, dkk. 2012. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Press.
Depdiknas .2013. Undang-undang RI No.20 tahun 2013.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusilanti. 2015. Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.