Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013

Rahmi Hanifah, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiman Sugiman

Abstract

The research aims to describe the principal strategy in implementing the 2013 curriculum, with the focus of research (1) The principal strategy in implementing the 2013 curriculum; (2) Constraints faced by the principal in the implementation of the 2013 curriculum; (3) The principal solution in the implementation of curriculum 2013. The research method used is a qualitative descriptive approach. Research results: The principal's strategy has been implemented well which includes the coaching of educator performance, supervision, implementation of media and educational facilities, establishing cooperation with the community, providing motivation and socialization parents. The constraints faced by the school principal, the expense of copying photos costs increased, too many revisions, the rules are always changing. The principal solution, conducting workshop training, establishing the cooperation of the Education Office, and LPMP.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013, dengan fokus penelitian (1) Strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013; (2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013; (3) Solusi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Strategi kepala sekolah sudah dilaksanakan dengan baik yang mencakup pembinaan kinerja pendidik, pelaksanaan supervisi, optimalisasi media dan sarana pendidikan, menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemberian motivasi dan sosialisasi orangtua peserta didik. Kendala yang dihadapi kepala sekolah, pengeluaran biaya foto copy meningkat, terlalu banyak revisi, peraturan yang selalu berubah. Solusi kepala sekolah, mengadakan pelatihan workshop, menjalin kerjasama Dinas Pendidikan, dan LPMP.

 

Kata kunci: kepala sekolah, kurikulum 2013, strategi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abdurrozaq, M. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri.

Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arleand, R.A. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Rawalaut Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Chomaidi. dan Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Darmadi, H., et al. (2018). Pengantar Pendidikan: Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.

Moleong, J. L. (2013). Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SD/MI Lampiran I Jakarta. Permendikbud.

Permendikbud. (2018). Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta: Permendikbud.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Salusu. (2014). Strategi Pengambilan Keputusan. Jakarta: Pressindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supartoyo. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dan Peran Manajer Pendidikan di Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. 9:404-408.

Tim Pengembang MKDP. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Yahya, A.M. (2014). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Tombolo Pao Kabupaten Gowa. (Thesis). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.