Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar

Shinta Sukma Mustika, Darsono Darsono, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the lack of learning results in thematic learning of fifth grade student. The purpose of this research is to find out the effect of cooperative learning models type group investigation on thematic learning result of fifth grade students. The method was used quasi experimental. The population of this research was all students in fifth grade. The sample of this research was the VA class as control class and the VB class as the experimental class. The sampling technique was used  purposive sampling. Data collection techniques was used interview, test and documentation. The result shows there is an effect of cooperative learning models type group investigation on thematic learning result.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada pembelajaran temati kkelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V. Metode yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh  dalam penggunaan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: group investigation, hasil belajar, pembelajaran tematik

References

Aini. 2014. Melalui Pendeketan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Subtema Manusia dan Peristiwa Alam Kelas V SD Negeri 1 Banyusri. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4 : 1-14.

Ariadi, Putu. 2014. Pengaruh Model Pembelajara GI Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3 : 1-10.

Budi, Arga Asmara. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3 : 168-172.

Esti, Media Tanza. 2017 Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Rustina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus II Tampaksiring. Jurnal Pendidikan. 2 : 1-12.

Sangadji. 2010. Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarmi. 2012. Model – model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sutrini, Ni Nengah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. Jurnal Pendidikan. 2 : 1-12.

Suyitno, Amin. 2006. Pemilihan Model - model Pembelajaran dan Penerapannya. Semarang: FMIPA UNNES.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.