Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Hasil Belajar Tematik

Siti Aisyah, Supriyadi Supriyadi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the students low learning result in SD Negeri 3 Perumnas Way Halim this research aimed to find out the effect of VAK learning model thematic learning result. This research used quasi experiment method with non-equivalent control group design. The population of this reseach was the whole fifth grade students in SD Negeri 3 Perumnas Way Halim consisted of 44 student. The sampling technique used in this research was purposive sampling technique. The data collection technique used  was test instrument. The researher used was test instrument and observation. The researcher used a simple linear regression and t independent test to analysis data. According to the result of this research, it could be conclude that there was a positive effect of VAK learning model on the fifth grade students thematic learning result in SD Negeri 3 Perumnas Way Halim.


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 3 Perumnas Way Halim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar tematik  Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan mengunakan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Perumnas Way Halim dengan jumlah 44 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Analisis data menggunakan regersi linear sederhana dan uji t indepedent. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ada pengaruh positif  model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Perumnas Way Halim Bandarlampung.


Kata kunci: hasil belajar, tematik, vak.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

DePorter, Bobi dkk. 2014. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Mulyasa. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2015. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook. Bandung: Nusa Media.

Sari, Nur. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap Hasil Belajar Tematik kelas IV SD Negeri 1 Lengkukai. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandarlampung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem pendidikan Nasional Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.