Hubungan Minat Baca dan Menulis terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara minat baca dan menulis terhadap hasil belajar. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil uji validitas angket minat baca sebesar (r11) 0,994, kemudian untuk uji validitas angket menulis sebesar (r11) 0,928, sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar tematik koefisien korelasi pada taraf ”Rendah”. Terdapat hubungan yang signifikan antara menulis terhadap hasil belajar tematik koefisien korelasi pada taraf “Sangat tinggi”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan menulis terhadap hasil belajar tematik peserta didik koefisiensi korelasi pada taraf “Sangat tinggi”.
Kata kunci: hasil belajar tematik, minat baca, menulis.
Full Text:
PDFReferences
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Mawarni, Rosdiana.2015. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media film peserta didik kelas III SD 2. Sleman: Skripsi.
Melawati, Avanda. 2017. Hubungan Kemampuan Membaca Dengan Menulis dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sd Negeri 1sokawera Kecamatan Banyumas Patikraja Kabupaten Banyumas. IAIN. Purwokerto: Skirpsi
Muhyidin, Asep. 2018. Metode Pembelajaran dan Menulis Permulaan di Kelas IV SD. Vol. 4 Nomor 1.
Mustika, ika. 2017. Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Menulis.Vol. 5 Nomor 2.
Parmaningsih, Dwi Wahyuni 2010 Peningkatan Hasil Belajar Minat Baca dan Menulis pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pandawangi.
Permendikbud No. 67 Tahun 20013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah ibtidaiyah.
Raditya, Wahyu Angga 2016 Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Gugus II. Seyegan: Skripsi.
Risna, Natalia. 2014 Upaya Pendidik dalam Mengatasi Rendahnya Minat Baca dan Menulis Peserta Didik di Kelas IV SD Negeri 4.Vol. 3 Nomor 10.
Sari, Citra Pratama.2018 Rendahnya Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kecamatan Karanganom. Skripsi
Sari, Nila. 2017. Minat Baca Siswa yang Rendah. Vol. 1 No 3
Saonah, Siti.2018 meningkatkan minat baca dan menulis permulaan dengan media gambar di kelas 1 SD Negeri 222 Pasir Pagor Vol. 1 No.1
Sudarsana, Undang & Bastiano. 2014. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana. 2010.Penilaian Hasil Belajar Mengajar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sunendar, Dadang. 2016. Minat Baca dan Menulis Siswa di Indonesia Masih Rendah. Bandung: Bangkapos. Diakses 17 Januari 2019.
Susanto, 2013.Teori Belajardan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sholikhah, Indarti Anis. 2016. Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus di payuda Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. UNNES. Semarang: Skripsi
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca. Bandung:Angkasa.
Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dagelan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta.Vol. V, Nomor 6.
Wahyuni, Sri. 2010 Menumbuhkembangkan Minat Baca Peserta Didik.Vol. 17, Nomor 1.
UU RI No. 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2004. Jakarta: Sinar Grafika.
UU RI No. 20 Tahun 2003.Undang-undang SISDIKNAS 2013. Jakarta: Sinar Grafika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.